STIP JAKARTA MENUJU WORLD CLASS UNIVERSITY

STIP JAKARTA MENUJU WORLD CLASS UNIVERSITY

World Class University (WCU) dalam beberapa tahun terakhir ini ramai dibicarakan di Indonesia. Peran global perguruan tinggi dalam upaya merespons tantangan global, dimunculkan dalam gagasan Cross Border University dan ditampilkan dalam apa yang disebut dengan “World Class University”.

Pada hari selasa tanggal 23 Mei 2017, Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta mendapatkan undangan khusus dari Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) bagi Perguruan Tinggi Seluruh Indonesia yang telah mendapatkan Akreditasi “A” untuk diarahkan menjadi World Class University. WCU mengandung makna kebersamaan global.WCU muncul bagi kepentingan masa depan dan kehidupan masa depan masyarakat bangsa-bangsa di dunia. WCU bukan sebuah kemegahan atau luxury,bukan pula perwujudan academic excellence dan lambang kemajuan keilmuan yang dicapai semata, melainkan lebih dari semua itu. Universitas besar seperti Harvard University, Oxford University, dan Cambridge University, sesungguhnya tidak dirancang untuk menjadi WCU. Perguruan tinggi itu dirancang untuk memberikan layanan pendidikan yang berkualitas, yang memberikan kontribusi tidak hanya kepada masyarakat bangsa di mana universitas itu berada, tapi juga untuk bangsa-bangsa lain.

Menurut Michael Lubacs, Brand Director Times Higher Education Word University Rangking, Indikator World Class University Pendidikan yakni:

Strategi STIP Jakarta Menuju WCU Tahun 2035

Inilah sepuluh Strategi menuju masa depan tahun 2035. Upaya ini bukan pekerjaan singkat, tapi memerlukan waktu lama paling tidak 18 tahun, belum termasuk masa transisi. Strategi jangka panjang yang diperlukan untuk membawa Sekolah Tingi Ilmu Pelayaran, bergerak secara dinamis menuju WCU pada tahun 2035, dijelaskan sebagai berikut.

  1. Menetapkan policy untuk mengembangkan pembinaan sikap kepemimpinan, mental dan moral yang baik kesamaptaan fisik yang prima serta peduli terhadap keselamatan, keamanan, efisiensi pelayaran dan pencegahan pencemaran lingkungan laut dalam jangka panjang dengan dukungan sumber daya yang diperlukan menuju terwujudnya WCU pada tahun 2035.
  2. Menyusun long terms plan di mana terdapat sekurang-kurangnya empat hal utama: longterms strategies, goals,programs,dan sumber daya yang diperlukan untuk menjadi pegangan dalam melakukan pembangunan keseluruhan aspek utama.
  3. Mengembangkan infrastruktur, sarana prasarana, simulator dengan kokoh sebagai pilar penopang pembangunan aspek-aspek strategis.
  4. Membangun institutional research capacity sebagai instrumen kelembagaan untuk melaksanakan riset yang menghasilkan invention dan inovasi sebagai hasil ciptaan lembaga untuk mendukung perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang bermanfaat bagi kehidupan kemaritiman.
  5. Membangun leadership capacity kelembagaan secara total dari tingkat lembaga hingga tingkat jurusan.
  6. Mengembangkan dan menerapkan ICT sebagai facilitating element,baik dalam proses manajemen kelembagaan maupun dalam kegiatan akademik termasuk proses pembelajaran.
  7. Membangun hubungan dan kerja sama internasional dengan menciptakan network dan partnership dengan berbagai universitas dan berbagai perusahaan pelayaran internasional yang relevan secara terencana dengan baik untuk memasuki global market.
  8. Mengembangkan rich professionalism dan culture of excellence dalam setiap program dan kegiatan.
  9. Mengembangkan income generating programs yang bervariasi dan terus menerus untuk mengokohkan keuangan lembaga dalam jangka waktu yang panjang untuk mendukung keseluruhan upaya perwujudan World Class University pada 2035.
  10. Melakukan diseminasi dan komunikasi secara luas, baik lokal, nasional, maupun global dengan memanfaatkan berbagai jenis media massa Internasional.

Pelayanan pendidikan dan pelatihan di Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta memiliki tuntutan dari masyarakat pengguna jasa untuk dapat meningkatkan lulusan yang mampu dan kompeten dalam bidang kenautikaan, keteknikaan dan ketatalaksanaan Angkutan laut dan Kepelabuhanan maupun operasional perusahaan pelayaran.

Melalui keikutsertaan Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta sebagai Lembaga Kedinasan yang aktif dalam hal standarisasi dan penjaminan mutu pendidikan, diharapkan SekolahTinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta menjadi lembaga yang mendidik Sumber Daya Manusia menjadi Perwira-perwira Pelayaran Niaga serta Ahli Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Kepelabuhanan yang handal dan berkualitas internasional.

 

Nauyanam Avasyabhavi Jivanam Anavasyabhavi

Di darat kita berkarya, Di laut kita berjaya.

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s