Management Review

Kunjungan STIP Ke Direktorat Perkapalan Dan Kepelautan Dalam Rangka Persiapan Workshop Quality Standard System (QSS)

aaaaaaa

Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran yang dalam hal ini diwakili oleh Tim dari SPMI (yang terdiri dari Agus Widodo, Capt. Asep Yedi Heryadi, dan Valentin Vina Ratnapuri) pada hari Rabu tanggal 29 September 2016 telah melakukan kunjungan ke Direktorat Perkapalan dan Kepelautan yang diwakili oleh Capt. Barto Ari Raharjo dan Capt. Ferro Hidayat di Kementerian Pehubungan Jalan Medan Merdeka Barat No.8, Gambir, Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta dalam rangka koordinasi untuk persiapan audit Quality Standard System (QSS) di Lingkungan Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) sehubungan dengan kedatangan IMO pada tahun 2017. Hasil dari kunjungan tersebut didapatkan kesepakatan dengan  Ditkapel untuk pelaksanaan workshop Quality Standard System (QSS) yang akan dilaksanakan di STIP pada tanggal 5 s.d. 6 Oktober 2016 dan juga SPMI mendapatkan bahan-bahan untuk kepentingan audit internal yang mengacu pada IMO Model Course dan STCW Amendment  2010 antara lain sebagai berikut :

  1. Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Laut No: HK.103/1/18/DJPL-16 tentang Petunjuk Teknis Penerbitan Pengesahan (Approval) Program Diklat Keahlian dan Keterampilan Khusus Pelaut Serta Program Diklat Berbasis Sertifikasi Kepelautan Pada Lembaga Diklat Kepelautan.
  2. Peraturan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut No: HK.103/1/9/DJPL-16 tentang Standar Auditor (Supervisor), Pendidikan, Penguji, dan Praktisi Medis (Medical Practitioners) di Bidang Kepelautan serta Pengukuhannya.
  3. Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Laut No: HK. 103/1/2/DJPL-2016 tentang Pemutakhiran Bagi Pelaut yang tidak Memiliki Masa Layar dalam rangka Sertifikasi Insternational Convention on Standard of Training Certification and Watchkeeping for Seafarers (STCW) 1978 Amandemen 2010.
  4. Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Laut No: HK. 103/3/13/DJPL-15 tentang Sertifikat Keahlian dan Keterampilan Awak Kapal Negara.

Peraturan-peraturan tersebut digunakan sebagai landasan dalam pembuatan Check List Audit Internal Program Diklat Keterampilan dan Keahlian Khusus Pelaut.

 

 

Advertisements